Apa yang Terjadi Jika Anda Mengidap Kanker Payudara Stadium 4?

Dalam beberapa tahun terakhir, jumlah pasien yang didiagnosis dengan kanker payudara di Indonesia terus meningkat. Bahkan, kanker leher rahim dan payudara adalah yang paling sering di Indonesia pada tahun 2013.

Tahap tahap kanker payudara
Secara umum, kanker payudara dibagi menjadi empat tahap, yaitu:

Tahap 1: Fase ini sangat awal. Diameter tumor pada tahap ini masih relatif kecil, seringkali tidak lebih dari dua inci. Tapi itu mungkin untuk menemukan pertumbuhan kelompok-kelompok kecil tumor di kelenjar getah bening.
Tahap 2: pada tahap ini, proses perbanyakan kanker dimulai. Tumor di payudara tumbuh, tetapi tidak lebih dari lima sentimeter. Kanker dapat terjadi di beberapa kelenjar getah bening.
Tahap 3: Dokter mengklasifikasikan langkah ini sebagai stadium lanjut di mana ukuran tumor telah meningkat dan penyebaran sel telah menyebar ke kelenjar getah bening transparan dan jaringan payudara.
Tahap 4: Kanker telah menyebar dari dada ke seluruh tubuh. Kanker payudara stadium 4 dianggap sebagai langkah terburuk yang memerlukan terapi intensif dan berkelanjutan.
Dengan kata lain, jika kita didiagnosis dengan kanker payudara stadium 4?
Jika Anda telah diberitahu bahwa Anda memiliki kanker payudara metastatik, itu berarti bahwa kanker berada di tahap 4. Pada tahap ini, kanker telah menyebar di luar jaringan payudara ke elemen lain dari tubuh, seperti paru-paru, hati, tulang. atau bahkan otak.

Di masa lalu, kanker payudara metastatik dianggap tidak dapat disembuhkan; Tujuan pengobatan adalah untuk meringankan gejala, meningkatkan kualitas hidup dan memperpanjang umur pasien.

Kanker payudara metastatik tidak sama untuk semua orang yang terlibat. Berdasarkan National Breast Cancer Foundation (NBCF), fenomena Tahap 4 juga akan tergantung pada penyebaran sel kanker di tubuh Anda.

Harapan hidup kanker payudara stadium 4
The American Cancer Society (ACS) mencatat bahwa harapan hidup pasien dengan kanker payudara stadium 4 adalah sekitar 22 persen sekitar lima tahun setelah diagnosis. Persentase ini jauh lebih rendah dari tahap awal. Pada tahap 3, tingkat kelangsungan hidup 5 tahun sesudahnya adalah 72 persen. Di level 2 lebih dari 90 persen.

Pada dasarnya, harapan hidup pasien kanker payudara tergantung pada situasi pasien. Ini adalah, misalnya, usia, keadaan kesehatan umum, stres hormonal dalam sel kanker, jaringan yang terkena dan saran sesuai dengan konfigurasi dan pandangan pasien. Tetapi harus disalin bahwa statistik ini tidak dapat menebak kesehatan masa depan dan usia pasien. Prognosis setiap orang juga berbeda.

Diagnosis dan penyembuhan dini, oleh karena itu, sangat penting untuk mengurangi risiko kanker payudara. Bicaralah dengan dokter Anda untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang faktor-faktor pribadi yang dapat menyebabkan prognosis Anda.

Perawatan itu bisa dilakukan untuk penderita kanker payudara stadium 4
Kehadiran reseptor hormon dalam sel kanker payudara menilai apakah terapi hormon adalah pilihan yang tepat atau tidak. Jika kanker tidak memiliki reseptor estrogen atau progesteron, kemoterapi dapat disembuhkan. Perawatan ini menggabungkan operasi, radioterapi, terapi yang ditargetkan atau kombinasi dari teknik penyembuhan ini.

Perawatan multimodality (yang menggunakan dua atau lebih perawatan maksimal) dapat meningkatkan kemungkinan pasien untuk sembuh atau memperpanjang kelangsungan hidup dan kualitas hidup pasien. Selain itu, suasana setiap pasien dapat menyebabkan bagaimana penyembuhan akan terjadi.

Tags: